Cara Mengatasi Android Sering Hang Atau Restart Sendiri

Cara Mengatasi Android Sering Hang Atau Restart Sendiri Sebelum kita mengatasi android yang sering ngehang ataupun merestart sendiri alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu penyebab terjadinya android sering ngehang ataupun restart sendiri.
Penyebab Android sering ngehang atau restart sendiri
Penyebab terjadinya hal - hal tersebut terkadang disebabkan oleh 2 hal :
Penyebab yang pertama yaitu adanya banyak aplikasi dari smartphone android kita yang masih berjalan (running) biasanya aplikasi yang berjalan ini seperti aplikasi sosial ex: LINE, WeChat, Whatsapp, Instagram, Friendcaster, Facebook, Twitter, BBM dll... dan terkadang hal tersebut terjadi juga tidak adanya alikasi Link2SD untuk memindah aplikasi ke SDCard.
Penyebab yang kedua yaitu restart karena CRASH. Maksud dari crash yang dimaksud disini ada bermacam - macam.
Crash karena system error
Crash karena tweaks yang diaplikasikan berbenturan dengan tweaks yang lain
Crash karena jalan main aplikasi A dengan aplikasi B berlawanan misal Juice Defender dengan DR. Battery Saver "memiliki fungsi yang hampir sama"
Solusi Android yang sering Hang atau Restart sendiri
Sesuaikan Jumlah Aplikasi dengan Kapasitas RAM.
Jangan terlalu berlebihan dalam menginstall aplikasi pada android sobat, kalau bisa silahkan mencara referensi tentang RAM android agar sobat lebih mengetahui tentang RAM dan tidak asal - asalan dalam menginstall aplikasi.
Install Aplikasi Android di Memory Eksternal (SDCard).
Usahakan saat menginstal aplikasi, sobat menyimpanya di SD Card dan biarkan memori internal kosong, agar android sobat tidak terlalu terbebani olleh aplikasi.
Install Aplikasi Android Yang Bermanfaat.
Maksud disini mungkin sobat sudah mengetahui maksutnya, dengan kita menghapus aplikasi - aplikasi yang tidak berguna atau bahkan tidak pernah sobat sentuh sedikitpun itu malah lebih baik, karena memori akan lebih longgar dan tidak terbebani.
Hapus Aplikasi System Yang Tidak Berguna.
Bukan hanya aplikasi pihak ketiga yang tidak berguna yang harus kita singkirkan namun system aplikasi dari bawaan juga harus kita hapus tapi tentunya yang tidak berguna, contohnya seperti Gtalk, aplikasi ini jarang sekali kita gunakan maka alangkah baiknya kata hapus, untuk cara menghapus aplikasi bawaan hp sobat bisa cari caranya di mbah google gan.
Install Task Killer atau Auto Killer.
Aplikasi ini sangat penting untuk android sobat, karena dengan aplikasi ini sobat bisa mematikan aplikasi running yang tidak sedang digunakan.
Jangan Meng-overclock CPU Berlebihan
Dengan sobat melakukan clock CPU performanya mungkin bisa jadi kencang namun lihat bila sobat terlalu agresif dalam meng-overclock CPU. Aplikasi sering force close, not responding, hang, bahkan freeze sampai ke bootloop.
Itulah beberapa solusi yang bisa sobat gunakan dalam mengatasi yang namanya hang atau restart pada Android yang sering terjadi, android hang karena kehabisan kapasitas RAM atau terjadi crash.
Semoga artikel diatas berguna bagi sobat, dan menjadi salah satu sumber referensi agar sobat lebih mengetahui tentang android dan tidak menggunakanya secara asal - asalan
Previous
Next Post »